Saturday, January 15, 2011

Real Blogging

Aku suka banget mencari jawaban dari Google mengenai apa saja, begitu ku ketik sebuah pertanyaan, langsung keluar jawaban yang banyak dari website atau blog-blog yang sayangnya isinya sama antara blog yang satu dengan blog lainnya, dan semuanya juga mengandung tema dan kata-kata yang sama persis! alias copy mengcopy atau istilah jawanya jiplak menjiplak.  Memangnya mereka tidak bisa ya membuat sebuah essay yang berasal dari buah pikiran mereka sendiri?  Jika ada sebuah topik yang menarik disuatu situs yang banyak followersnya, langsung yang lain ikut-ikutan menjiplaknya untuk ditaruh diblog mereka.  Aku suka kesal sendiri, apa mental orang kita hanya bisa ikut-ikutan?  Kenapa sih manusia-manusia negeriku tidak bisa sedikit lebih kreatif? Meniru, menjiplak, memperbanyak apalagi..  Kadang ada juga ketika aku mendapatkan jawaban yang sekiranya sangat tepat untukku dari google, tapi begitu di klik ke halamannya, eh kosong alias tidak ada apapun tulisannya.  Yang paling menyebalkan lagi adalah pop up add yang tiba-tiba nongol menghalangi tulisannya, jadi membuatku frustrasi.  Males deeh..  

Menurutku sebuah blog yang bagus itu, adalah blog yang isinya autentik berasal dari pengalaman dan pemikiran-pemikirannya sendiri, bukan asal mencontek dan memindahkan hasil pikiran orang lain kedalam blognya.  Malah justru terlihat nggak banget deh.  Blog itukan seperti jurnal, ya bolehlah mengutip isi dan pengalaman orang lain, tapi bukankah sebaiknya menggunakan bahasa yang lain?  Kalau aku sih terus terang memang tidak semua isi blogku ini punyaku.  Aku terkadang mengambil resep-resep masakan dari situs lain, atau sharing new's letter yang aku punya untuk kutaruh disini, tapi bukan berarti aku menjiplak, karena biasanya kalau aku sharing mengenai love advice itu, aku selalu mencantumkan nama si penulisnya.  Blogku ini cuma untuk sarana berbagi aja, bukan untuk money oriented atau mencari followers sebanyak-banyaknya.  Ini murni semuanya tentang duniaku, dan caraku memandang dunia.  Jadi, nggak peduli aku punya followers apa tidak, atau menarik atau tidaknya blogku untuk orang lain.  This is me.. aku nggak suka ikut-ikutan.  Tapi aku bisa terinspirasi oleh blog lain.  Ini sih hanya unek-unekku aja mengenai fenomena dunia blog.  Aku suka membaca blog orang, tapi yang paling aku suka adalah membaca blog seseorang yang meskipun tulisannya pendek tapi dia menulis tentang sebuah ide dan pemikiran inti.  Tipe-tipe orang emang beda-beda sih yaa..ada blog yang penulisnya itu cerdas sekali tapi terkadang cara mengungkapkan sebuah masalah itu terlalu rumit, sehingga yang baca susah untuk memahami maksudnya.  Itu karena dia orang yang sangat cerdas.  Tapi aku kan orangnya yang simple aja..tidak begitu suka banyak cingcong ibaratnya, just straight to the point.  Jadi menyukai orang yang juga berperilaku yang simple dan langsung ke intinya.  Tapi mungkin tipe orang yang seperti aku justru yang membosankan bagi orang lain hehehe..Masa bodohlah, tiap orang mencari golongan orang-orang yang sejenis.  Orang pandai pasti akan tertarik dengan yang pandai juga, orang simple tertarik juga dengan yang simple. 

Jadi kesimpulannya, please dong people..kalau mau bikin situs atau blog itu sebaiknya sedikit lebih kreatif supaya yang mencari jawaban tidak menemukan jawaban yang sangat persis dengan situs lainnya.  Bosan..kita seneng deh kalau menemukan sebuah situs yang unik dan berbeda dengan yang lain.
Be creative, and keep it simple!

No comments:

Post a Comment