Tuesday, January 25, 2011

Karakter Penting Dari Cinta Jangka Panjang

Biasanya kita sering terjebak dalam cinta buta, dimana ketika kita mengenal seseorang, kita jatuh cinta tanpa mempertimbangkan berbagai hal penting yang mendasar dalam hal membina sebuah hubungan jangka panjang.  Kita senantiasa menuruti nafsu dan emosi kita, sehingga pada suatu titik dimana pada akhirnya cinta harus berakhir kandas karena perbedaan-perbedaan yang ada pada masing-masing pasangan.  Inilah beberapa hal penting yang harus kita perhatikan sebelum mengatakan "ya" pada cinta:

  1. Penampilan Fisik, aspek yang satu ini akan berpengaruh pada hubungan mereka di masa depan, apakah ia akan berubah jika fisik kita tidak sama seperti saat kita berjumpa untuk yang pertama kalinya?
  2.  Kedewasaan Emosional, apakah dia secara emosional dewasa dan fokus? atau masih terikat dengan masalah-masalah emosionalnya.  Bagaimana hubungan pasanganmu dengan keluarga dan teman-temannya? apakah dia memiliki support emosional ataukah ia suka mengontrol? apakah dia menyadari masalah-masalah yang ia miliki dan bersedia untuk mengatasinya?
  3. Bagaimana gaya hidupnya, ini termasuk juga tentang karir dan kehidupan sosialnya, kesenangan yang sama, kegiatan-kegiatan di waktu luangnya, dan energi levelnya.  Apakah kalian punya minat yang sama atau justru bertentangan.
  4. Kesetaraan Financial, apakah kita memiliki kesetaraan fiansial, kesamaan goal dalam hal menabung, dan pandangan-pandangan mengenai pengaturan keuangan.
  5. Struktur Nilai, apakah kalian memiliki pandangan-pandangan yang sama seyaperti, loyalitas, integritas, kejujuran, nilai-nilai kekeluargaan dan pertemanan, agama dan tingkat spiritual, tujuan-tujuan hidup, dan bagaimana ia memperlakukan keluarga dan lingkungan sosialnya.  Apakah pasanganmu mampu melaksanakan janji-janjinya?  Apakah ia bisa dipercaya? Apakah kalian akan selalu ada satu sama lain di segala situasi?
  6. Pernikahan dan Intimacy, setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai pernikahan, yang harus dipertanyakan dalam hubungan kita adalah apakah kamu dan dia memiliki pandangan yang sama mengenai pernikahan? Apakah dia mencari pasangan jiwa? apakah kalian berdua menginginkan hubungan yang dekat diatas aspek fisik?
  7. Tingkat Kecerdasan yang sama, faktor inteligent yang sama meningkatkan kesempatan pengalaman-pengalaman yang sama, intelektual interest, and tujuan-tujuan berkarir.  Apakah kalian memiliki pandangan-pandangan yang sama mengenai topik-topik seputar olahraga, phylosophy, atau berita-berita.
Crucial Characteristics of Lasting Love

No comments:

Post a Comment