Wednesday, January 26, 2011

10 Cara Untuk Menjadi Manusia Yang Lebih Baik

Membuat perbedaan di dunia dapat dengan mudah menjadi bagian penting dari hidup anda sehari-hari.  Berikut adalah sepuluh hal yang dapat membuat perbedaan.  Berikut dikutip dari Most Good, Least Harm: A Simple Principle for a Better World and Meaningful Life by Zoe Weil.
  1. 1.       Komit terhadap 3 I:  Inquiry, Introspeksi, dan Integritas.  Membuka diri dengan informasi-informasi dan ide-ide mengenai kehidupan yang baik dengan cara berbicara dan belajar dari orang-orang yang berada dikehidupan kita sehari-hari.  Terutama dari orang-orang yang baik dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan lingkungan sekitarnya.  Anda juga dapat mempelajarinya melalui buku-buku, website dan lain sebagainya.  Lalu introspeksi: yaitu mengindentifikasikan nilai-nilai anda, mempertimbangkan mengenai apa yang paling penting bagi anda.  Asah bakat dan kemampuan anda serta mencari cara untuk dapat menerapkannya dikehidupan anda secara produktif.   Dan yang terakhir adalah hidup dengan integritas 
  2. Bekerja untuk sebuah perubahan,  berikan beberapa waktu , perhatian, sumber-sumber, dan bakat untuk membuat system perubahan yang menguntungkan dalam segala bidang. 
  3. Mengkaji ulang, menggunakan kembali, memperbaiki, dan mendaur ulang.  Anda sebaiknya memikirkan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai, untuk diproses atau digunakan kembali untuk membantu menjaga alam.  
  4. Makan untuk hidup,  sebisa mungkin pilih makanan yang berasal dari tanaman yang ditanam, pilih sayuran organic, dan yang bukan olahan.  Hal ini akan menjaga kesehatan anda, lingkungan anda,  kehidupan satwa, dan kebaikan manusia.  
  5. Kurangi hal-hal yang berdampak buruk bagi  system ekologi.  Kurangi menggunakan kendaraan pribadi dengan berjalan kaki, menggunakan sepeda, dan menggunakan kendaraan umum lebih sering.  Pilih barang-barang yang hemat energy dan ramah lingkungan untuk rumah anda.  
  6. Merubah Pendidikan, orang-orang membutuhkan informasi-informasi yang relevan sebagai alat berpikir yang kritis, sebagai motivasi untuk menjadikan kehidupan sebagai tempat yang lebih baik.  Apakah anda adalah orang tua, pelajar, atau seorang penduduk yang peduli, membantu kehidupan menjadi lebih baik, tenang. 
  7. Investasikan uang anda secara etis.  Apakah anda memutuskan untuk menabung untuk pension, memasukkan anak ke universitas, atau hal-hal yang berguna.  Cari informasi mengenai lembaga keuangan seperti bank atau asuransi yang terpercaya agar dapat membantu anda dalam pengelolaan keuangan anda. 
  8. Bangun sebuah komunitas, temukan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan anda,  dan undang mereka untuk bergabung ke dalam sebuah kumpulan jaringan social yang baru.  Membina pertemanan baru, dan lingkungan social yang baik.  
  9. Ajarkan yang lain.  Berbagilah pendapat atau ide-ide yang bermanfaat dengan orang lain.  Dengan berbagi kita dapat membangun harapan-harapan orang lain untuk tetap optimis, atau saling member dukungan.  
  10. Mencari Keseimbangan.
10 Easy Ways to Become a Better Person

No comments:

Post a Comment