Friday, January 28, 2011

Breast Cancer

Hari ini tanteku telah melalui saat-saat menegangkan dalam hidupnya, operasi pengangkatan payudara.  Padahal beberapa bulan yang lalu tanteku baru saja menjalani test mamogram dan tidak terdeteksi adanya tanda-tanda tumor alias clean!  Betapa cepatnya sel ganas itu membesar sehingga ia kembali menjalani serangkaian pemeriksaan dan ternyata sudah stadium 2.  Aku berusaha memahami apa yang terjadi dibalik cobaan yang tanteku alami.  Memang belakangan ini hidup tanteku benar-benar sedang dalam cobaan yang cukup berat secara bertubi-tubi.  Mulai dari kehilangan harta bendanya, rumah tangga yang terpecah belah, hidup sendirian, belum lagi mendapat cobaan dari keluarga besarnya.  Aku sungguh prihatin dengan keadaan tanteku, betapa beratnya semua itu harus ia pikul.  Aku rasa penyakit yang ada saat ini ada hubungannya dengan tekanan batinnya belakangan ini.

Dengan cobaan seperti ini, hikmah yang dapat kuambil adalah bersyukur pada Allah bahwa hingga saat ini aku masih diberi kesehatan yang baik.  Masih diberi kelegaan-kelegaan dalam hidup dan cobaan-cobaan yang ringan.  Aku juga harus mulai menjaga diri dari emosi-emosi yang negatif, dan juga harus menghindari makanan-makanan berbahaya, seperti msg, daging-dagingan, sayur yang mengandung pestisida, dan sebagainya.  

Aku berdoa untuk kesembuhan tanteku, semoga ia selalu tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan-cobaan ini.  Semoga Allah memberikan kekuatan dan kesembuhan untuknya.  Amin..semangat t'ani!!  Kami semua selalu mendukungmu..




No comments:

Post a Comment