Sunday, January 9, 2011

Act Like A Lady


Ini pertanyaan untuk para blogger wanita, khususnya untuk adik-adikku yang tersayang..Ingin menjadi wanita seperti apakah kamu?  Untuk menjadi seorang wanita itu gampang-gampang susah ya..Sebenarnya kita sudah dibentuk oleh orang tua kita untuk menjadi wanita seperti apa kita ditengah-tengah masyarakat dan juga lingkungan sosial.  Hidup dewasa itu membutuhkan pengalaman hidup bertahun-tahun, mengalami suka dan dukanya kehidupan hingga jiwamu semakin matang.  Terkadang, ada juga diantara kita yang pernah kehilangan jati diri, sehingga mungkin sempat tersesat dan jatuh kedalam hal-hal negative.  Tapi meskipun ada yang seperti itu, jauh dilubuk hati kita pasti kita tidak ingin merasakan penderitaan yang seperti itu.  Kita inginnya menjadi seorang wanita yang baik, bertanggung jawab pada diri sendiri, lembut tapi juga kuat dalam hal prinsip.  Kalo aku pribadi, aku gak ingin jadi wanita yang biasa.  Aku ingin menjadi wanita yang luar biasa.  Be unique and lady like itu cantik.  Alhamdulillah aku dulu banyak dididik oleh eyangku.  Eyangku mengajarkan aku untuk tumbuh menjadi seorang wanita yang berprinsip.  Seperti layaknya wanita konvensional jaman dahulu kala dengan tata krama, serta etikanya.  Makanya kalo aku pikir-pikir ajaran kuno itu sesungguhnya sangat-sangat baik untuk perempuan.  Meskipun kita sudah memasuki era modern, kalo kita tidak punya tata krama, dan etika yang diajarkan oleh Eyang-eyang kita dulu, ya akan terbentuklah pribadi yang cuek dan tidak tahu malu.

Apakah kelakuan seperti itu yang kita mau? ketika kita mengorbankan prinsip demi yang namanya gengsi atau cinta?  Justru kalau kita berani memegang prinsip kita, orang tidak akan berani memandang kita dengan rendah.  Kita tidak inginkan orang tidak menghormati kita?
Sebenarnya sih tidak perlulah kalian yang masih muda harus mengalami saat-saat sulit demi yang namanya pengalaman untuk menjadi dewasa.  Kalau kita mau belajar dari wanita-wanita bijak kita juga bisa kok menjadi dewasa secara instan, asalkan kalian mau berpikir.

Ini ada beberapa prinsip yang aku pakai waktu aku masih muda hingga saat ini yang mungkin bisa kamu pikirkan mengapa kita harus menjadi wanita yang lebih bijak:
  1. Berpeganglah pada keimanan kita, dengan iman kita pada Allah SWT kita akan tumbuh menjadi wanita yang senantiasa percaya dan takut padaNya.  Percaya bahwa Ia tahu segala sesuatu yang lebih baik yang telah Dia siapkan untuk kita.  Sehingga kita tidak perlu menjalani kehidupan dengan airmata, atau lupa diri.  Takut padaNya akan dosa-dosa yang nanti harus kita pikul ketika kita mati.  Jadi kita bisa menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.  Dirikan shalat, dan bacalah AlQur'an sebagai petunjuk yang benar.
  2. Jangan pernah berputus asa, bahkan disaat yang sulitpun kita tidak boleh menyerah.  Sesakit apapun, hidup harus tetap berlanjut.  Tidak boleh berlama-lama larut dalam kesedihan, bangkit dan songsong hari esok dengan semangat membara.  Jika kemudian nantinya tersungkur kembali, bangkit lagi hingga kalian semakin kebal dengan kegagalan dan justru semakin membuat kita bertambah kuat dan bijaksana dari pengalaman.
  3. Hargailah dan cintailah diri kita sendiri, menghargai diri adalah dengan merawat tubuh kita bersyukur akan karunia yang telah Allah berikan akan bentuk dan keindahannya.
  4. Pertebal inner beauty, tidak akan ada artinya seorang wanita meskipun ia berwajah cantik tapi dia berkarakter angkuh, sombong, tidak sopan, tidak tahu malu, kasar dan murahan.  Kita akan lebih mudah bersimpati pada seseorang yang wajahnya biasa-biasa saja, tapi dia punya senyum yang manis dan tulus, ramah, ringan tangan, jujur, serta halus budi pekertinya.  Kecantikan dari dalam jauh lebih kuat dibandingkan cantik dari luar yang hanya bersifat sementara.
  5. Jadilah cerdas, or be smart.  Seorang wanita juga harus memiliki ketrampilan dan juga pengetahuan yang luas.  Tidak perlu menjadi seorang professor tingkat tinggi atau menjadi jenius, tapi wawasan yang luas mengenai kehidupan dan juga aware terhadap apa yang terjadi disekitar kita.  Sebagai seorang perempuan kita dituntut untuk creative, dan juga berwawasan supaya tidak tertinggal atau terlindas oleh jaman.  Apabila kita berpendidikan, otomatis kita tidak akan mampu menjadi korban penipuan orang lain.  Be Intelligent, dilligent, and creative.
  6. Perbaiki manner kita..manner itu apa sih? manner itu sopan santun, atau adab atau bisa juga disebut tata krama.  Cara duduk, tertawa, jalan, makan dan sebagainya sebaiknya di atur agar terlihat sopan, pantas dan anggun.  Kalau tertawa jangan terlalu keras, duduk juga tidak boleh sembarangan, makan juga tidak boleh berkecap atau berbunyi.  Peraturan tersebut penting lho kalau kita ingin dihargai dan dihormati oleh orang lain.
  7. Control diri,  kenapa sih kita harus mengontrol diri kita?  ya logikanya gini deh..kalian suka tidak jika melihat seorang wanita yang menangis tersedu-sedu sambil guling-guling dilantai, atau suka tidak melihat seseorang yang marah membabi buta? atau yang lebih parah lagi, kita sering melihat wanita yang tidak tahu malu menari diatas meja sementara pakaian dalamnya terlihat oleh banyak orang? tentunya sangat tidak enak dilihat bukan? Mengungkapkan emosi boleh saja, tapi lakukanlah dengan moderat jangan lebay gitu loh..hehehe..orang pasti akan melihat kita dengan tatapan aneh..apaan sih? gituu..
  8. Berpenampilan rapih dan menarik.  Kalau aku sendiri, paling risih keluar rumah tanpa make up..rasanya seperti telanjang hehe..dari remaja aku selalu diajarkan untuk berpenampilan rapih, dan menarik.  setidaknya pakai dempul dan lipstick, dempul maksudnya tuh bedak jika hendak keluar rumah.  Tujuannya supaya tidak terlihat pucat, dan terlihat segar.   Ada pendapat yang pernah aku baca di blog orang lain yang mengatakan bahwa perempuan yang selalu berdandan jika keluar rumah adalah perempuan yang harus dihindari? Ini adalah pemikiran yang sangat aneh dan egois menurutku, mengapa perempuan tidak boleh berdandan jika keluar rumah, apa si pria takut wanitanya dilirik oleh pria lain?  sebuah  pemikiran yang aneh tentang perempuan bukan? atau mungkin pemikirannya adalah perempuan yang tidak berani keluar rumah tanpa makeup adalah perempuan yang tidak percaya diri?  Salah besar bung! Bukan berarti dia tidak percaya diri, tapi karena saking percaya dirinya dia tahu bahwa tampil menarik adalah sebuah keharusan!  Bagiku si penulis blog adalah seorang pria yang insecure dengan wanita hahahaha..merasa terintimidasi oleh penampilan perempuan kasihan deh dia.  Pemilihan pakaian juga penting banget tuh..wanita itu sebaiknya melihat kelebihan dan kekurangan bagian-bagian tubuhnya, sehingga dalam pemilihan pakaian bisa terlihat menarik.  Aku sering sekali melihat wanita-wanita yang tidak peduli dengan penampilannya.  contohnya, aku sering melihat seorang wanita, yang memakai kaus ketat sekali sementara lemaknya terlihat menonjol sana sini.  Aduh..sayang sekali, padahal menurutku si mbak itu wajahnya manis.  Tapi dia tidak sadar kalo caranya berpakaian sangat "nggak" banget deh.  Seandainya aku bisa mengingatkan kepada blogger,  kalau memang kita merasa agak gemuk dan punya lemak di sana sini coba deh cari pakaian yang agak longgar.  Jangan terlalu memaksa untuk tampil seksi dengan pakaian ketat tapi justru malah tidak seksi sama sekali jadinya.  Mungkin kita yang melihat akan merasa "eww.."  Dengan memperhatikan kekurangan tubuh kita bisa menutupinya dan menonjolkan bagian-bagian yang bagus saja.  Sehingga kita terlihat lebih menarik dan rapih.  Penataan rambut juga perlu diperhatikan, contohnya begini menurutku jika seorang wanita sudah berumur, sebaiknya menghindari rambut panjang yang diurai atau terurai karena kesannya tidak rapih dan terlihat mengerikan.  Wanita berumur akan jauh lebih menarik dengan tatanan rambut pendek, atau digelung supaya terlihat anggun.  Dan wanita berumur juga sebaiknya memilih pakaian yang lebih tertutup.  Aku pernah melihat seorang wanita paruh baya yang meskipun tubuhnya masih langsing, tapi dia mengenakan rok mini ala gadis remaja dengan frils! bukannya aku menghina, tapi apa dia tidak sadar jika kakinya sudah keriput? oh tidak! sangat-sangat tidak enak dilihat.  Jadi..usahakan melihat diri kita dicermin apakah penampilan kita sudah terlihat rapih dan anggun?
  9. Jangan menyerahkan kehormatan demi cinta, paham maksudku? maksudku adalah dalam hal sexs, jangan kau beri sebelum kau benar-benar yakin bahwa dialah orang yang tepat untuk kita.  Tunggulah hingga ia resmi menikahi kita baru dia boleh mendapatkan rewardnya yaitu diri kita. Selalu berhati-hati pada rayuan dan akal bulus pria untuk mendapatkan yang satu ini dari kita.  Tolong di jaga ya dirimu sendiri.  Karena jika kamu memberikannya terlalu dini, kamu akan kehilangan bargainnya.  Alias kontrol ada ditangan dia.  Dia bisa saja meninggalkanmu begitu saja jika ia bosan, sementara kamu akan menyesali tindakan itu.
  10. Dalam hal berpacaran, jangan terlalu terburu-buru..sebaiknya lihat dan perhatikan tindakannya.  Apakah ia hanya mengumbar kata-kata tapi minus action?  atau justru dia more action less talk? aku bilang sih cinta yang asli itu adalah more action lesst talk, alias lebih banyak memberi perhatian dan kasih sayang yang tulus ketimbang hanya sekedar kata-kata rayuan manis belaka.
Tuh aku sudah memberi kalian wejangan berupa sepuluh aturan main seorang wanita.  Sebenarnya kalau mau dibahas bisa panjang lho.  Tapi, untuk saat ini garis besarnya sih seperti itu.  Prinsip ini aku tulis berdasarkan pengalamanku selama puluhan tahun yaa.  Dan terbukti, memang aturan nenek itu jauh lebih baik dan menguntungkan pihak wanita.  Jadi jangan ngambek jika orang tua selalu cerewet supaya kalian "behave" karena mereka mengetahui segala sesuatu yang lebih baik untuk kalian.  Mereka sayang pada kalian, supaya tidak terjerumus kedalam lubang kehinaan.  Kalau perlu catat dan tempel deh prinsip ini di dinding supaya kalian bisa mempelajarinya pelan-pelan.  Sukses yaa..

No comments:

Post a Comment