Sunday, February 20, 2011

How To Act Classy

Ini nih artikel bagus untuk para ladies..How to act classy?  It's easy.  Mulailah dari hal paling sederhana di keseharian Anda.  Ketika hendak pergi ke acara paling hip, Anda pun berdandan penuh totalitas.  Maksud hati sih, ingin jadi sorotan publik.  Nyatanya, saat seorang wanita superkeren melintas, waktu seolah berhenti.  Semua orang melayangkan pandang ke wanita berpotongan extreme bob ala Victoria Beckham, sequin mini dress, sepatu Jimmy Choo terbaru, lengkap dengan clutch Bottega Veneta.  Dalam pikiran Anda, "Kapan ya, saya bisa seperti ia." Buang jauh-jauh pikiran itu, Anda tak kalah menarik, kok.  Yang harus disadari, tampilan fisik tak selalu jadi patokan utama, tapi etika dan perilaku saat berada di depan publiklah yang terpenting.  Coba lihat cara duduk Anda sekarang, sudah benarkah? Ada kancing baju yang terlewatkah di kemeja?  Yakin, volume suara tak terlalu keras? Ini nih solusinya.

Chic or Cheap
Bagi Anda sih, gaya berpakaian Anda sudah cukup elegan, tapi orang lain belum tentu berpikiran sama, kan.  Ini dia panduannya.
#1.  Crop Top: Too Much Skin
Crop Top memang sedang ini, tapi jika 75% kulit tubuh terekspos (dan Anda sedang tidak di pantai), there's a problem.  Memang sih, membiarkan sebagian kecil bagian tubuh terekspos bagus untuk menimbulkan "imajinasi" manis bagi yang melihat, tapi jika memakai kaos menggantung yang membuat gurat sixpacks di perut terlihat jelas saat berada di mal, orang-orang akan menganggap Anda baru saja pulang dari latihan cheerleader di kampus.  Jadi, pakailah sesuatu appropriate, tapi sophisticated.  One shoulder top is better than a hal tube top.

#2.  Makeup Berlebih? Don't
Memakai riasan wajah yang berlebihan membuat Anda terlihat seperti seorang diva yang hendak tampil di konser tunggalnya.  Fokuslah pada apa yang ingin ditonjolkan dari wajah Anda.  Hindari memakai riasan terlalu berat di mata, blush on superpink, dan lipstick merah menyala sekaligus.  Smoky eyes dengan lipstick warna nude akan membuat anda terlihat lebih menarik dan berkelas.

#3. A Must Have Item.
Classic flat shoes.  It's a must.  Saat sedang lapar mata ketika belanja aksesori, ingat selalu bahwa Anda juga butuh sepasang flat shoes yang nyaman.  Sepatu model ini bisa jadi salah satu penyelamat untuk tampil elegan. 

#4. Etika Pinjam Meminjam
Boleh-boleh saja meminjam baju teman, tapi saat mengembalikannya, pastikan baju tersebut sudah di laundry, terlipat rapi, dan warnanya tidak luntur.  Bukan berarti jika sudah diizinkan, Anda boleh pakai hingga puas.  Ingat, sekali izin berarti sekali pakai.  Syarat kedua, cari tahu apakah baju tersebut baju favoritnya atau tidak.  Jika ia sangat suka baju itu, jangan kenakan di momen yang tidak dihadirinya, semisal sebuah pesta dimana ia tidak diundang.

#5. Obrolan 
Ingatlah, di atas segalanya, hal terpenting yang harus Anda bawa kemana saja bukanlah tas lansiran rumah mode terbaru atau celana jeans berpotongan Prancis, melainkan pikiran yang berwawasan luas,".

Party Dos Anda Don'ts
Datang ke pesta orang lain?  Jadilah tamu yang diinginkan.  Dengan perilaku oke, undangan pesta pun akan menumpuk dalam sekejap.

#6.  Patuhi Dresscode
Coba perhatikan, mengapa tulisan dresscode disertakan pula dalam undangan? Berarti dresscode sama pentingnya dengan tanggal, tempat, dan waktu diselenggarakannya pesta.  Ini berarti, jangan pernah menyepelekan dresscode.  Dengan mengenakan apa yang dipinta oleh pihak pengundang.

#7. Personalized Note
Meski teknologi memudahkan kita untuk mengirim pesan, ada baiknya tetap menggunakan cara klasik sebagai ucapan terima kasih karena telah diundang.  Sebuah tulisan tangan di selembar note cantik yang Anda sisipkan ke tangannya saat hendak pulang akan membuat si empunya pesta merasa tersanjung.

#8. CellPhone Slaves
Memang susah sekali mengalihkan pandangan dari layar Blackberry, kedua jari tangan pun rasanya ingin selalu mengetik status baru di Twitter.  Namun, sadarkah Anda bahwa kebiasaan ini membuat orang lain jadi malas menyapa karena Anda terlalu sibuk berkutat dengan ponsel.  Jangan harap deh mendapat gandengan baru di pesta kalau Anda sendiri bertingkah seolah tak butuh ditemani.  Oh ya satu lagi, jangan terima telepon saat jamuan makan malam sedang berlangsung.  Tidak sopan lho.

#9. Cara Duduk Yang Baik
Duduk yang cantik dengan punggung tegak dan menyilangkan kaki, akan terlihat lebih anggun dan sexy.

#10. Saat Berbicara Sebaiknya,
Pastikan untuk tidak berdiri terlalu dekat.  Jika berhasil mencium wangi deodoran lawan bicara, berarti Anda terlalu dekat.  Gunakan suara dalam untuk berbicara, jangan terlalu keras.  Hindari pembicaraan seputar gaji.  Selain itu, berhenti membicarakan diri sendiri, ajukan pertanyaan satu dua kali. Last, stop yawning or looking tired (kecuali Anda memang sudah lelah).

#11. Memulai Percakapan
Perhatikan lawan bicara dan berikan pujian akan barang yang ia kenakan.  Setelahnya, tanyakan dimana ia membeli barang itu.  Topik ini akan membimbing percakapan ke arah yang lebih personal.  Anda juga boleh mengungkapkan hal-hal personal yang bisa menghangatkan percakapan.  Tapi ingat, jangan bicarakan yang terlalu personal lho, bisa-bisa ia merasa terganggu dengan Anda.

#12. Mengakhiri Percakapan
"Anda tahu di mana toiletnya?"  Pertanyaan ini bisa jadi alasan bagus untuk mengakhiri percakapan.  Anda bisa juga pura-pura mengingat sesuatu dan bertingkah seolah harus menelpon seseorang.  Yang harus diperhatikan, jangan sampai memotong pembicaraan lawan bicara.  Tunggulah hingga tersedia jeda kosong, dan cobalah mengakhiri percakapan.

Petualang Yang "Cantik"
Holiday time! Saatnya melepaskan penat dan pergi menikmati hari tanpa stress.  Saat pergi, jangan lupa pertanhankan "ladytude" Anda.

#13 Pakaian Supernyaman
Kenakan pakaian paling nyaman yang Anda punya.  Tapi, jangan kenakan yang terlalu nyaman seperti piyama juga sih.  Berusahalah untuk tetap jadi pusat perhatian (in a good way of course).  Sepatu boot gaya atau sneakers keren pasti nyaman untuk menemani perjalanan jauh.  Berusaha terlihat seksi?  Tak ada gunanya juga sih, mengenakan thong sebagai underwear Anda.  Selain tidak nyaman, jika garis thong Anda melampaui batas celana pasti akan membuat orang lain jadi ikut gerah.

#14. Anti Jetlag
Bagian terburuk saat traveling adalah momen jetlag.  Untuk menguranginya, tidurlah secukupnya.  Hindari meminum segala yang mengandung kafein sebelum naik pesawat.  Kenakan scarf untuk menutupi leher dari dinginnya AC.

#15. Check In, Check Yourself
Hotel bukanlah rumah pribadi Anda.  Jadi, perlakukan kamar hotel sebaik mungkin, dan hargailah petugas hotel.  Ketika check in, jangan lupa memberikan tip untuk carrier boy, dan ucapkan terima kasih.  Jika hendak keluar kamar, usahakan kamar tetap bersih dan rapi.  Hilangkan pikiran bahwa petugas kebersihan hotel akan selalu membersihkan kamar Anda.  Hal lain yang tidak akan dilakukan seorang lady adalah tidak mengambil fasilitas hotel, seperti shower cap, sandal hotel, atau mungkin bathrobe yang tersedia.

#16.  Kamera dan Pose
Kamera harus selalu ada di tas, sehingga Anda tak akan kehilangan momen sekalipun.  Nah, saat hendak meminta orang lain mengambil gambar Anda, pintalah dengan sopan, dan tahu diri.  Jangan menjadikan orang tersebut fotografer pribadi dadakan, lho.  Selain itu, selalu perhatikan pose-pose ketika difoto.  Meski sedang larut dalam euforia liburan, Anda tak mau kan terlihat konyol di setiap foto. 


#17. Tahu Pasti Yang Diinginkan
Percaya diri dan tahu persis apa yang dibutuhkan adalah salah satu kunci tampil elegan.  Kenali apa yang sebenarnya Anda inginkan.  Begitu juga saat hendak menyantap makan malam disebuah restoran.  Jangan membuat pelayan menunggu karena Anda sedang seru membaca menu.  Triknya, sebelum masuk ke restoran, pikirkan dulu kira-kira apa yang ingin Anda makan saat itu.

A Lady Makes Friends
Etika pertemanan adalah hal yang cukup krusial dalam pembelajaran untuk menjadi seorang yang berkelas.

#18. Jaga Ucapan Disitus Jejaring Sosial
Hati-hati, mata pena lebih tajam dari mata pisau.  Seringkali, karena sudah merasa terlalu dekat, Anda kerap melontarkan ucapan yang bisa menyakiti teman.  Parahnya lagi, ucapan ini dilontarkan di situs jejaring sosial yang bisa dilihat semua orang.  Contohnya saat melihat foto teman di Facebook, Anda menulis delapan kata mematikan di bawah foto itu, "kamu terlihat amat sangat gemuk di foto ini."  Akibat ucapan tanpa pikir panjang ini, persahabatan Anda jadi bermasalah.  Sebaiknya, jika hendak melontarkan sesuatu yang terlalu sensitif dan personal, tahan diri, dan ucapkan langsung saat berada di hadapannya.

#19. Hindari Opini Yang Terlalu Frontal
"Elizabeth Taylor sangat gemuk, ia bahkan menaruh mayonnaise di sebuah aspirin," contoh komentar kasar dari aktris Joan Rivers.

#20. Be Rude
Ya.  Seorang lady tahu persis kapan harus membela diri.  Jika seseorang teman atau bahkan teman kencan mencoba mengambil keuntungan dari Anda, sekali-kali bersikap kasarlah.  Tunjukkan bahwa Anda tidak suka diperlakukan seperti itu dan ingin dihargai.  Tak perlu bertahan untuk bersikap manis jika hati Anda tak berkata demikian.  Be honest.  That's the key, darling.

No comments:

Post a Comment