Wednesday, February 16, 2011

17 Cara Singkat, Tapi Bikin Bahagia

Lakukan dan lihat apa yang terjadi usai menjalani advis fabulous berikut.  Semua masalah yang mengintai pasti akan Anda temukan telah tersapu bersih.

#1. Partisipan dalam sebuah penelitian sependapat kalau melakukan sedikitnya lima (ya lima!) perbuatan baik terbukti dapat meluapkan rasa bahagia.  Bukan sesuatu yang berat kan, jika tiba-tiba ada seseorang yang menghampiri Anda dan meminta petunjuk arah agar ia bisa menemukan butik tempat membeli sepasang anting cantik?

#2. Lebih mudah memaafkan diri ketika gagal usai bernyali mengambil langkah berani, daripada harus terjebak dalam penyesalan lantaran melewatkan kesempatan besar di depan mata.  Aku akui sulit, tapi ingat pesan ini begitu anda menghadapi situasi serupa.

#3. Kembali mengenang memori yang indah dipastikan bisa membangkitkan mood Anda.  Sekarang ambil notebook dan tulis setiap kejadian menyenangkan yang Anda alami lalu bacalah kembali saat keadaan hati sedang berserakan.

#4. Hampir setiap penelitian mengakui kalau siapapun termasuk Anda cenderung, melebih-lebihkan tiap kejadian buruk yang dihadapi.  Mulai dari putus cinta hingga saat kontrak kerja tak diperpanjang.  Untuk apa rewel lagi jika Anda sudah mampu mengintrospeksi bahwa seburuk apapun peristiwa yang dihadapi tak akan seburuk pikiran Anda.

#5.  Bukan cuma Anda saja yang cemas berlebihan saat melakukan presentasi di meeting.  Mengapa? hasil survey soal 'people's biggest fears' memang menunjukkan kalau public speaking selalu sukses bikin perut terasa tergelitik.  Saat panik coba alihkan pikiran bahwa Anda bisa melewati tantangan ini.  Jadi bisa memompa rasa percaya diri Anda.

#6. Tertawa terbahak-bahak terbukti mengurangi kadar hormon cortisol yang jadi penyebab stress.  jadi kalau tertawa yang benar-benar Anda butuhkan saat ini, panggil the girls untuk menemani Anda atau tonton kembali film komedi favorit juga amat disarankan.

#7. Seorang peneliti dari Belanda bilang kalau liburan dadakan memang bisa bikin Anda jadi semangat bukan main.  Tapi sepulangnya, rasa bahagianya itu akan kembali normal.  Lebih baik rencanakan liburan dengan matang dan isi tiap harinya dengan menyebrangi berbagai destinasi yang belum sempat tercapai.

#8. Lantaran hidup itu singkat, plus butuh usaha ekstra agar bisa menggenggam surat persetujuan ijin cuti dari si bos, makanya luapkan rasa bahagia itu pada setiap detik liburan Anda.  Sangat diijinkan bertualang menuju ladakh, India Utara hingga mendaki Sydney Harbour Bridge.  Apa saja boleh asal itu bikin hati Anda jadi tenteram.

#9.  Percaya atau tidak, warna biru, hijau, dan ungu bisa menurunkan tekanan darah dan meneduhkan suasana hati.  Ini bisa jadi ide untuk mempercantik nuansa kamar Anda.  Agar tetap bisa fokus, permanis ruangan dengan sentuhan benda-benda berwarna merah.

#10. Ada alasannya kenapa buah strawberry dipercaya mampu mengalihkan mood seketika.  Itu karena folat yang dikandungnya. Terlebih jika Anda mencelupkannya ke dalam dark chocolate.  Hmm..terbayang tidak saat sensasi libido Anda meroket tinggi?  Plus, rasa bahagia bercampur sensual yang saling bertubrukan.

#11. Rasanya berada dekat dengan sahabat akan jauh lebih bahagia dibandingkan saat melihat gaji bulanan yang masuk ke rekening Anda.  Semua mengakui itu, hingga para peneliti pun mengakui itu.  Tunggu apalagi, daripada mendekam di balik meja kerja lebih baik segera angkat kaki dari kantor dan temuilah mereka.  Bahagianya selangit!

#12. Memiliki hewan peliharaan, carilah anak anjing lucu, ikan mas koki untuk ditempatkan di aquarium, atau bahkan hamster kecilmu.  Kamu pasti akan bahagia.

#13. Melirik kelebihan orang yang ada disekeliling Anda sebenarnya sah-sah saja, asal Anda menilainya dengan cara yang benar.  Tapi kalau benar-benar membandingkan apa yang telah Anda miliki dengan mereka, jangankan sirik, pasti rasa minder bisa langsung menguasai.  Jadi, stop lakukan itu.  Konsentrasikan diri pada apa yang Anda punya, bukan apa yang belum Anda miliki.

#14. Ubah update twitter Anda menjadi sebuah surat manis untuk sahabat dan keluarga terdekat.

#15. Tahu ruginya terus berusaha sekuat tenaga menahan air mata? Begini, keputusan Anda untuk menahannya malah akan memperparah kadar stress dalam pikiran.  Sebelum meledakkan diri, lebih baik biarkan airmata mengalir supaya Anda menjadi lega. Makanya, Anda tidak perlu lagi merasa malu jika ingin menangis di kubikal.

#16. Rasa bersyukur bisa memacu optimisme diri, lho.  Gunakan kata terima kasih atau kirim kartu ucapan kepada mereka yang telah membantu Anda.

#17. Bridget Jones pernah berkata: "kebahagiaan bukan datang dari cinta, kekayaan, atau kekuatan.  Namun berasal dari dorongan mencapai tujuan yang realistis untuk dicapai".  Dengan kata lain, jangan cuma fokus pada arah mencapai tujuan itu, tetapi bagaimana cara Anda menikmati setiap prosesnya.

No comments:

Post a Comment