Saturday, February 25, 2012

TIDAK BICARA SAAT MARAH

Projek Pribadi Hari Ini:

Sahabatku yang hatinya sedang geram, katakanlah ini sebagai kalimatmu sendiri …

Tuhanku Yang Maha Damai,

Di pagi yang penuh harapan ini, aku menyampaikan kesungguhanku hari ini, yaitu untuk tidak berbicara saat aku marah.

Telah berkali-kali aku marah dan mengungkapkannya dalam kata-kata yang melukai orang lain dan yang merusak hubunganku dengan mereka.

Karena kini aku mengerti bahwa,

Bersabar adalah tetap merasa marah, tapi tidak menggunakannya untuk merendahkan diriku dan merusak hubungan baik dengan orang lain.

Dan kusadari bahwa, hampir semua kata-kata yang kusesali dalam hidupku, adalah kata-kata yang kuliarkan dalam kemarahan.

Tuhanku Yang Maha Penyabar,

Bekukanlah hatiku saat perendahan dan penghinaan menderaku, lumpuhkanlah mulutku saat aku marah, dan jelaskanlah gambaran dalam pengertianku tentang dampak buruk dari kemarahan yang aku liarkan.

Tuhanku, bantulah aku untuk tidak melukai diri dan sesamaku, karena ketidak-mampuanku untuk mengendalikan kemarahanku.

Tuhan, damaikanlah hidupku.

Aamiin

No comments:

Post a Comment