Saturday, February 25, 2012

Can I Trust You?

Mempercayai dan dipercaya itu penting sekali ya Bloggers..Keduanya itu berkaitan erat dengan kredibilitas kita dimata orang lain.  Hari ini aku ingin membahas tentang trust Bloggers..Ini adalah pengalaman yang aku ambil belakangan ini.  

Bukan bermaksud membicarakan orang lain, ini hanya sekedar sharing saja.  Ada teman yang meminjam uang pada salah seorang temanku yang lain.  Teman yang meminjam uang ini, meminjam uang untuk biaya persalinannya. Jumlah uang yang dipinjamnya itu memang tidak begitu banyak, tapi dia berjanji akan mengembalikannya bulan berikutnya dengan alasan akan dikembalikan setelah dia gajian.  

Tunggu punya tunggu, bulan yang ditunggu pun tiba, tetapi sang peminjam mengatakan dia belum bisa mengembalikan pinjaman uang itu saat ini, dengan alasan bahwa dia belum mendapatkan gajinya. Kemudia berjanji akan membayarnya bulan berikutnya.  Sang teman yang meminjamkan uangnya mulai resah, karena dia pun membutuhkan uang itu untuk keperluan sehari-harinya.

Nah Bloggers disinilah yang namanya kita di uji.  Ya si pemberi pinjaman, dan si peminjam uang.  Untuk pihak yang meminjamkan uang ujiannya adalah kesabaran dan keikhlasan memberi bantuan, dan juga mempercayai orang lain.  Sementara bagi yang meminjam uang, justru ujiannya itu dua kali lipatnya karena kredibilitas dia sebagai seorang yang memiliki hutang itu sedang dipertaruhkan.  Apakah dia bisa dipercaya untuk bisa mengembalikan uang pinjamannya atau tidak bertanggung jawab pada kepercayaan yang diberikan orang lain terhadapnya.

Itu baru contoh satu kasus yaitu hutang piutang, bagaimana dengan kasus yang lain.  Contohnya, seorang teman yang suka mengadu domba? Ketika kita mempercayakan seseorang untuk memegang rahasia kita, eh ternyata dibelakang dia membeberkannya dengan teman-teman yang lain? Aku rasa banyak ya orang-orang seperti itu..Dan masih banyak contoh kasus-kasus lainnya.

Susah memang ketika kita harus mempercayai siapapun, karena diluar sana banyak manusia-manusia yang memang tidak bisa dipercaya.  Pelajaranku mengenai trust ini, adalah berhati-hati dalam memilih teman, berhati-hati dalam mempercayai seseorang.  Dan juga berusaha menjaga diri sendiri untuk bisa menjadi seseorang yang bisa dipercaya orang lain.  Apabila kita sudah menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan orang terhadap kita, orang lain tidak akan lagi bisa mempercayai kita, dan nama baik kita hilang dimata mereka.  Kita tidak mau kan menjadi orang seperti itu? Intinya balik lagi pada KEJUJURAN.

No comments:

Post a Comment