Monday, June 6, 2011

I Love Traditional Dances

Hari Minggu kemarin, aku sempat menonton pertunjukkan tari bali kontemporer di Ciwalk, jadi si penari menarikan tarian khas bali dengan latar belakang musik baliness jazz, kereeen..

Terus terang aku penggemar berat seni tari tradisional, favorit aku sih tarian khas bali, jawa keratonan, dan tari jaipong. Menurutku tiga jenis tarian ini memiliki daya tarik ke eksotisan tersendiri buatku.  Seperti ada pesan magis didalamnya. Ada unsur erotis, seperti keanggunan dan tease berupa expresi wajah, mata serta senyum dan gerakan yang complicated yang  terkandung cerita didalamnya.  

Dulu dari kecil aku selalu ikut berperan aktif dalam kegiatan tari di lingkunganku, dan biasanya sering pentas untuk acara tujuh belasan di wilayah tempat tinggalku.  Aku juga pernah mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di sekolah yaitu seni tari bali. Aku pernah belajar tari pendet, dan juga merak.  Saking cintanya aku dengan menari, aku pernah mencari kursus tari jaipong, tapi saat itu karena kegiatanku sudah cukup banyak jadi aku pending.  Padahal aku suka banget tari jaipong khas jawa barat ini.

Tari jaipong menurutku sebuah seni tarian yang seksi..hehe..kenapa? Karena gerakannya menonjolkan gerak pinggul, pantat dan dada..huhuy..coba saja kalau kita perhatikan tarian ini, si penarinya memiliki tubuh yang seksi dan singset.  Karena gerakannya benar-benar difokuskan pada pantat, pinggang dan lengan.  

Kalau tari Jawa keraton itu penuh mistik, tarian keraton itu sejarahnya untuk putri-putri keraton dan dipentaskan untuk acara-acara adat jawa.  Biasanya sebelum pentas, para penari itu terlebih dahulu melakukan beberapa ritual seperti berpuasa dan lain sebagainya.  Aku tidak jelas apa alasan dibaliknya, tapi menurutku tarian keraton itu harus dilakukan dengan fokus.  Gerakannya tidak energik seperti tarian-tarian khas daerah lain.  Tarian keraton ini, gerakannya sangat gemulai, seperti tarian seorang putri keraton yang menggambarkan keanggunan, dan kelemah lembutan.  A very-very feminine dance.

Sebenarnya aku kepingin banget jadi seorang penari, karena menurutku penari itu punya aura yang "gimana" gitu..;) selain sensual, misterius, juga seksi (seksi dan sensual tuh sama tidak ya?) but anyway..menurutku ya seperti itu.  Penari itu mampu membuat penontonnya terpesona dengan performa mereka diatas panggung, buktinya mereka bisa membuat para penonton menganga bak terbius oleh kecantikan dan senyum mereka uuuu..:-)

Jadi intinya sih..hayati saja hidup seperti sebuah tarian, dan bersikaplah seolah Anda adalah seorang penari yang penuh pesona, dengan senyum dan kerlingan mata yang menggoda cieeee..hihihi..gak kuku..


No comments:

Post a Comment