Monday, May 2, 2011

Persiapan Mengenakan Hijab

Aku sedang bersiap untuk menundukkan hati dan jiwaku sebagai seorang muslim dengan menggunakan hijab InsyaAllah..saat ini dorongan hatiku semakin mantab untuk menutupi seluruh tubuh dari ujung rambut hingga kaki.  Alasannya adalah, aku ingin menjadi seorang wanita yang rendah hati.  Menjaga tindak tandukku menjadi jauh lebih baik lagi, dan berusaha untuk lebih sholeh.

Memang saat ini belum mulai, tapi aku sedang mengumpulkan dulu pakaian2 muslim dan juga selendangnya.  Apabila semua sudah lengkap, InsyaAllah aku akan mulai mengenakannya.  Butuh waktu lama untuk sadar hikmah yang sesungguhnya mengenai hijab.  Dulu aku masih kurang mengerti mengapa orang Indonesia perlu menggunakan jilbab.  Meskipun aku tahu bahwa ini adalah wajib hukumnya bagi wanita muslim untuk menutup aurat dan rambutnya, tapi aku masih berusaha merasionalkan kaitannya antara wanita arab dan asia dalam hal penggunaan jilbab.  

Dulu, aku pikir keharusan menutup aurat itu dikarenakan pria arab jaman jahiliyah itu bernafsu besar dan tidak mampu menahan godaan aurat perempuan.  Lain dengan pria Asia yang memang dari jaman baheula sudah terbiasa melihat wanita berpakaian setengah telanjang alias kemben, sehingga kurang perlu untuk kalangan wanitanya mengenakan pakaian tertutup.  Tapi setelah diperhatikan, ternyata bukan hanya jaman dahulu saja pria arab itu tidak bisa menahan nafsu, sampai sekarang pun tabiatnya masih seperti hewan jika melihat bagian tubuh yang terbuka sedikit saja seperti lengan perempuan.  Tidak hanya dari sisi itu saja, suhu di Arab dan sekitarnya itu sangat panas, dengan kondisi geografi yang kering dan tandus berupa gurun pasir, sehingga orang-orang sana harus menutup wajah dan tubuhnya dari teriknya matahari yang sangat panas.

Saat ini pemanasan global kian parah dan sekarang suhu bumi di wilayah Indonesia meningkat beberapa derajat lebih panas dari sebelumnya yang dulu hanya berkisar 25-27 derajat Celcius.  Sekarang mungkin panasnya udara sudah hampir menyerupai suhu di dataran arab sana, sehingga kepala kita mudah sekali pusing apabila berdiri terlalu lama di terik matahari.  Itulah salah satu alasan mengapa menggunakan jilbab itu adalah wajib.  Karena ternyata manfaatnya baik untuk diri kita juga.  Satu untuk menjaga kehormatan seorang wanita agar tidak mudah dilecehkan oleh pria.  Dan yang kedua adalah melindungi kita dari sengatan sinar matahari yang berbahaya.  Subhanallah..Allah yang maha tahu yang terbaik untuk umatnya.

Hanya satu saja kendalanya, pakaian muslim itukan panjang, dan biasanya harganya juga mahal.  Meskipun aku tahu banyak pakaian muslim yang murah meriah, tapi aku sendiri orangnya termasuk fashionista juga.  Jadi ya terpaksa deh harus pinter-pinter pilih model yang keren dan bukan style kebanyakan orang.  Aku kepinginnya mengenakan pakaian muslim yang modern, korean style.  Dan kerudungnya, ala turki yang ada kondenya tinggi dibelakang jadi lebih cantik dan anggun.  Plus pemilihan warnanya, aku kepingin yang berani mencolok seperti merah, hitam, kuning, ungu.  InsyaAllah..

Mohon petunjuk dan rizkimu Ya Allah..semoga aku dapat lebih mengabdi kepadaMu Amin.

No comments:

Post a Comment