Friday, May 6, 2011

Membiasakan Anak Membaca Doa Sebelum Tidur

Aku sudah memulai mengajarkan anakku kebiasaan-kebiasaan atau ritual sebelum tidur, seperti menggosok gigi, mengenakan piyama tidur, serta membaca doa sebelum tidur.  Terutama aku membiasakan anakku untuk membaca doa. Dulu aku memberi contoh dengan diriku sendiri membaca Al-Fatihah dengan lembut sebelum aku memejamkan mataku.  Tapi sekarang aku mengawali ritual sebelum tidur dengan mengajak anakku  berbincang-bincang tentang benda atau hal apa saja yang menjadi keinginannya.  

Ketika dia menyebutkan berbagai macam hal yang ada di angan-angannya, kemudian aku membimbingnya untuk berbisik sambil memohonkan semua keinginan-keinginannya itu pada Allah sambil menjelaskan padanya bahwa Allah akan memberi apa saja yang dia inginkan jika dia meminta padaNya.

Darren tersenyum penuh harap, dia berkata padaku ingin punya mainan bumblebee, ingin punya ps3, semua dia sebutkan termasuk ingin punya adik huaa. Lalu diam-diam aku mendengar dia berbisik seperti ini, "Ya Allah..darren pingin bumblebee, pingin punya ps3, sama pingin punya adik baru, amiin.." hihihi..

Setelah berdoa, aku cium pipinya dan dia memejamkan matanya dengan peaceful.  Aku bisikkan ditelinganya, "mama sayang darren, jadilah anak yang sholeh, pintar, dan baik hati ya.." Dia menjawabnya dengan anggukan kecil sambil mengatakan, "love u maa..gudnet" (dia bilang goodnight dengan logat net..:))

No comments:

Post a Comment