Friday, May 6, 2011

Jangan Pernah Meremehkan Seseorang

Ini adalah pengalamanku yang ingin aku bagi kepada teman-teman bloggers yang membaca.  Kita pasti tahu bukan bagaimana rasanya apabila kita diacuhkan oleh seseorang?

Jadi ceritanya seseorang mengirimkan kita sms, sudah pasti kita membalasnya juga, tapi jika balasan sms kita yang berupa pertanyaan baik2 tidak di balas-balas, bahkan didiamkan saja oleh orang tersebut, kita menjadi bertanya-tanya akhirnya.  Kok begitu sih? Kok dia tidak membalas smsku ya? Kita menjadi berpikir keras apakah ada yang salah dengan pertanyaan kita?, dan kita juga bertanya-tanya apakah sms kita tadi tidak dianggap penting untuk dijawab? Seremeh apa pun sebuah pertanyaan sederhana, adalah hak orang itu untuk mendapatkan tanggapan dari kita.

Sekarang ini, orang sudah cenderung untuk bersikap arogan dan acuh tak acuh.  Banyak orang yang mulai menyepelekan perasaan orang lain, atau dengan mudahnya melupakan sopan dan santun dalam bersosialisasi.  Normalnya, setiap komunikasi itu ada respon timbal balik bukan? Nah kalau salah satu pihak tidak direspon dengan baik, bagaimana dengan perasaannya?  Ya mungkin orang jaman sekarang sudah mulai bersikap acuh ya..atau mungkin saya yang perasaannya terlalu sensitif ?

Jika orang tadi tidak merespon pertanyaan saya sekali atau dua kali saya masih bisa terima, karena banyak kemungkinan-kemungkinan lain seperti kesibukan, atau alasan-alasan lain dibalik itu.  Tapi setidaknya ditengah kesibukannya, cobalah untuk mencari waktu yang paling baik untuk menjawab sms  seseorang dengan sopan.  Kalau memang sibuk, mengapa dia tidak bilang "maaf aku sedang sibuk, nanti aku sms lagi jika sempat".  Hal itu akan membuat orang lain jauh lebih respek dibanding tidak merespons sama sekali sms seseorang.  Orang lain merasa dihargai dan tetap dianggap penting. Jika orang ini tidak membalas niat baik seseorang, bukankah dia juga yang rugi? karena dia dianggap tidak tahu sopan santun?

Ada kata-kata bijak yang mengatakan, "Perlakukanlah orang lain seperti engkau ingin diperlakukan oleh orang lain".  Jika Anda ingin diperlakukan baik oleh orang lain, maka perlakukan seseorang dengan baik juga..maka orang akan respek dan menghormati kita.  Atau memang orang jaman sekarang sudah tidak mau lagi diperlakukan hormat oleh orang lain?  Orang aneh yang merasa nggak penting dihargai oleh orang lain..:)

Jadi Bloggers, sebaiknya jadilah seseorang yang baik dan tulus.  Perlakukanlah orang lain dengan baik, tetaplah berlaku sopan serta santun, dan pertahankan prinsip dan moral yang baik.

No comments:

Post a Comment