Wednesday, March 9, 2011

Pencegahan Kanker Serviks

Kanker serviks atau kanker leher rahim (sering juga disebut kanker mulut rahim) merupakan kanker yang menyerang kaum wanita dan jumlah penderitanya meningkat beberapa tahun belakangan. Dari seluruh penderita kanker di Indonesia, sepertiganya adalah penderita kanker serviks. Kanker ini memang merupakan pembunuh wanita yang menakutkan. Berikut adalah beberapa pencegahannya:

#1. Jauhi rokok, sudah diketahui efek samping nikotin adalah menyebabkan kanker.
#2. Tidak menggunakan sabun khusus daerah intim wanita, douching dapat menyebabkan iritasi pada daerah intim wanita.  Bahan-bahan kimia tidak baik untuk kesehatan organ intim, selain dapat membunuh bakteri alami baik yang bisa menghalau kuman-kuman atau virus.
#3. Sering mengganti pakaian dalam, dan gunakan CD dengan bahan yang nyaman dan bisa membuat kulit seputar organ intim bernapas dengan baik.
#4. Tidak menggunakan panty liner, karena panty liner menyebabkan keringat berlebihan dan dapat mengganggu kelembaban organ intim, serta dapat meningkatkan berkembang biaknya kuman-kuman dan bakteri.
#5. Sering mengganti pembalut setiap hari ketika datang bulan.
#6. TIDAK BERGONTA GANTI PASANGAN, hindarkan seks bebas ini adalah alasan yang paling kuat untuk tidak berganti-ganti pasangan karena peringkat pertama penularan penyakit seksual adalah melalui hubungan intim.
#7. Tidak berhubungan seksual terlalu dini, ini khususnya peringatan untuk para remaja dibawah umur.
#8. Melakukan check papsmear enam bulan sekali, dan melakukan vaksin hpv untuk mencegah terjadinya kanker.

Semoga pengetahuan ini bermanfaat untuk teman-teman wanitaku.

No comments:

Post a Comment