Friday, May 18, 2012

Kebun Cantikku..

Program jangka pendek untuk hobby saya adalah menata kembali taman rumah.  Iya Bloggers, saya sedang merencanakan pembuatan lahan hijau disekitar rumah yang fungsinya sebagai taman sayur dan taman bunga.  Gimana ide saya cool kan? Jadi memang rumah saya ini memiliki sebidang lahan yang lumayan luas untuk dimanfaatkan sebagai tempat untuk bercocok tanam khususnya tanaman sayur-sayuran, buah dan juga apotek hidup atau bumbu-bumbu dapur.

Beberapa waktu lalu saya sudah pernah juga mewujudkan mimpi saya bercocok tanam sayuran seperti cabai, tomat dan beberapa sayuran.  Tapi saat itu belum sepenuhnya saya bisa memaksimalkan lahan yang ada untuk lebih banyak membudidayakan tanaman-tanaman tersebut, dan sekarang saya rasa saya akan lebih memfokuskan lagi rencana ini kedepannya, InsyaAllah.

Lahan ini akan saya gunakan sebagian untuk mempercantik rumah dengan berbagai macam variasi bunga-bungaan, dan juga sebagian lainnya sayuran-sayuran yang akan saya tanam dengan sistem vertikultur yaitu dengan cara menyusun rak-rak disepanjang dinding rumah kami yang besar.  Saya akan menggabung tanaman sayuran yang ditanam dengan menggunakan polybag, pot ataupun dengan talang air.

Bagian dari rencananya adalah menyusun anggaran khusus untuk keperluan pembelian tanah, alat-alat berkebun seperti pot, polybag, gunting rumput, komposter dan juga dekorasi kebun seperti fountain.  Dilanjutkan dengan berbelanja keperluan tanaman seperti bibit bunga, sayur mayur dan juga buah-buahan.  

Saat ini yang sedang saya lakukan adalah membuat sebuah daftar list untuk biji-biji bunga apa saja yang ingin saya tanam.  Dalam hal ini dibutuhkan sebuah imajinasi awal untuk membuat visi taman seperti apa yang saya inginkan untuk diwujudkan.  Saya menginginkan sebuah taman yang berwarna warni penuh dengan aneka bunga-bungaan, dimana taman saya ini akan dikunjungi oleh berbagai macam burung-burung, serta kupu-kupu yang akan mampir menghiasi taman saya.  Saya juga akan menambahkan sebuah kolam kecil atau sebuah air mancur kecil tempat burung-burung mandi dan minum disana.  Oh ya tak lupa juga rumah2an biji-bijian untuk tempat makan burung-burung.  Ahh..sepertinya akan menjadi sebuah kebun kecil yang cantik deh nantinya.

Bukan hanya cantik, tapi juga bermanfaat bagi lingkungan dan juga bagi kebutuhan rumah tangga kami juga.

No comments:

Post a Comment