Sunday, December 9, 2012

Kapan Cinema Indonesia Mampu Membuatku Tertarik?

Kapan ya kualitas film Indonesia bisa sehebat film-film Asia seperti Bollywood dan Korea? Tak usah sehebat Holywood dulu deh..yang realistik aja seperti Film Asia. Film-film India biarpun kelihatannya kamseupay gitu, tapi inti ceritanya manusiawi banget, dan sarat hiburannya juga dengan menampilkan tarian-tarian, serta humor-humor yang khas Indihe alias India banget.  Apalagi yang namanya drama Korea, aku suka banget deh suwer..

Drama Korea itu ya lembut, kekeluargaan, touchy, dan romantis, top banget deh.  Aku tidak begitu tertarik dengan drama Mandarin, tapi kalo film kolosalnya mandarin yaa okelah..bagus banget efeknya.  Film Korea yang aku suka sekali dan masih kepingin lagi diulang nontonnya yaitu 'Friends' bukan friends yang holywood yah..tapi Film yang ini diperankan oleh Won Bin dan seorang artis jepang hmm..siapa ya? Ryoko Fukuda kalo tak salah.  Aduuh filmnyaa bagus dan mengharukan.  Kayaknya aku punya deh cuplikan filmnya di blogku ini, dibagian love song.  

Nah sekarang pertanyaannya untuk para cinematographi Indonesia nih, ayo dong mana karya terbaikmu? Kalau soal cerita, mungkin sudah bagus ya tapi kualitas rekamannya dong tolong diperbaiki lagi.  Kalau bisa usahakan sehalus mungkin seperti mereka.  Jangan buram kayak film jadul saja. Terus kenapa sih kita tidak mau membuat film yang berkualitas dengan mengangkat tema-tema kehidupan sehari-hari yang dikemas dengan jalan cerita yang realistis dan simple.  Kenapa sebuah drama harus dilebay-lebaykan? Toh kalau cerita hidup juga nggak mungkin lebay-lebay teuing yah hehehe..

Coba deh lihat sinetron-sinetron kita, hadeeh..terus terang aku paling males nontonnya, actingnya terlalu lebay, dan jalan ceritanya pun dipanjang-panjang nggak habis-habis..cabee deeh.  Apalagi film-film bioskop yang berbau horor, duuh norak banget sih!  Memangnya bangsa kita ini cuma punya cerita mistis seperti pocong dan kuntilanak saja? Hadeh IQ? Qualitas mutu harusnya ditingkatkan dong..Sebuah bangsa juga bisa dilihat dari mutu filmnya juga kan? hahaha..sotoy deh:)) Masa derajat kita dianggap down grade karena film-filmnya berkisah tentang pocong dan kuntilanak? Wew ah..

Ini mimpiku untuk bisa melihat kualitas perfileman Indonesia menjadi jauh lebih baik.  Semuanya pasti mungkin di masa depan, aku optimis kita bisa bikin karya hebat seperti bolywood atau Korea, asal..generasi mudanya kreatif, dan juga mentalnya harus hebat dengan segudang ide-ide brilian buat memajukan perfileman kita.  Kita bisa!

No comments:

Post a Comment