Thursday, July 26, 2012

Mimpi

Saya percaya sekali dengan mimpi.  Menurut Bapak Quraish Shihab, mimpi itu bukan saja sebuah keinginan terpendam kita tetapi terkadang ada sebuah informasi dari Allah yang ada di dalamnya.  Tetapi bisa jadi juga itu wujud syaitan.  Bedanya, mimpi dari Allah adalah informasi-informasi kebaikan.  Sementara mimpi yang berasal dari syaitan itu adalah yang jahat-jahat dan seram.  

Sekarang yang menjadi pertanyaan saya adalah apa ya arti dari mimpi melihat tsunami? Saya sering sekali bermimpi mengenai kejadian itu yang menurut saya benar-benar mengerikan.  Terakhir kali saya bermimpi lagi mengenai tsunami tapi didalam mimpi itu, saya berada di atas sebuah gedung tinggi sehingga saya selamat dari terjangan ombak besar tersebut.  Apa ya artinya? Katanya jika kita bermimpi tentang hal yang berbau air itu akan mendapat masalah.  Mungkin ada benarnya juga ya, karena akhir-akhir ini saya memang sedang mendapat banyak cobaan. Tapi mungkin Allah, ingin memberi saya sebuah petunjuk bahwa meski saya diterpa oleh cobaan, saya masih dalam perlindungan-Nya dan saya akan baik-baik saja.  Mungkin seperti itu artinya.

Dulu saya juga sering bermimpi berhadapan dengan tornado atau angin puting beliung seperti di film 'twister' kebayang tidak sih betapa ngerinya perasaan saya di dalam mimpi itu? Dan yang mengherankan adalah saya mimpi melihat Rasulullah Muhammad SAW.  Padahal, yang namanya umat muslim modern tidak pernah sekalipun tahu bagaimana wajah Nabi Muhammad SAW itu seperti apa.  Tapi di mimpi itu entah bagaimana di dalam hati, saya mengenali sosok itu adalah Rasulullah.  Menurut hadist apabila kita bermimpi bertemu dengan Rasul, artinya Rasul yang ada di mimpi kita itu adalah asli bukan wujud syaitan atau jin.  Karena Rasul tidak akan bisa digantikan oleh jin di dalam mimpi.  Penasaran seperti apa wajah Rasul yang saya lihat? Sebentar ya..Saya akan bercerita mengenai pengalaman bermimpi bertemu Rasulullah yang dialami teman saya.

Jadi saya memiliki seorang teman mualaf Amerika bernama Paul.  Pada suatu momen ketika kami berbincang-bincang tentang keagamaan, tiba-tiba dia menceritakan pengalamannya bermimpi melihat rasulullah SAW.  Saya terus terang merasa terkejut dan tertarik dengan pendapatnya mengenai bagaimana rupa nabi kecintaan umat muslim di seluruh dunia itu.  Saya bertanya padanya, seperti apa wajah rasul yang dia tahu.  Dan jawabannya sungguh pas dengan sosok yang saya lihat di dalam mimpi saya.  Dia bilang, "Nabi Muhammad adalah seorang pria yang berwajah tampan."  Disitulah saya sangat setuju dengan deskripsi yang teman saya katakan.  

Nabi Muhammad yang saya lihat di dalam mimpi saya, adalah pria yang berwajah tampan, wajah yang baik hati dan terlihat ramah dan penuh kasih.  Didalam mimpi saya Rasul mengenakan gamis panjang berwarna hitam dan bertutup kepala hitam.  Saya melihatnya duduk sambil mengelilingi sebuah api unggun bersama para sahabatnya di sebuah gurun pasir.  Dari kejauhan saya bisa melihatnya sedang tersenyum bersama para sahabatnya tersebut.  Dan saya melihatnya takjub seperti melihat seorang aktor tampan yang dipuja-puja. Dan saya menggumam, "Nabi Muhammad SAW"

Konon, arti dari mimpi melihat rasulullah adalah akan mendapatkan kebaikan atau meningkatnya spiritualisme seseorang.  Ya kalo memang benar seperti itu, alhamdulillah..semoga saja.  Tapi jika saya bercerita tentang mimpi saya kepada orang lain atau teman-teman lain, mereka belum tentu percaya pada apa yang saya ceritakan.  Kata mereka, "mana mungkin kamu bisa bermimpi melihat rasul, memangnya kamu sudah pernah bertemu dengannya?"  seperti itu.  Ya mana saya tahu kalau saya akan bermimpi melihat rasulullah.  Dan saya juga memang tidak pernah melihat wajahnya seperti apa, tapi kalau dibilang aneh..ya aneh..bila ketika bermimpi, saya bisa mengenali sosok seorang nabi Muhammad.

Mungkin saya perlu bertanya kepada bapak Quraish Shihab, mimpi yang seperti ini tergolong mimpi yang sumbernya dari mana? Ya mungkin kalau dilihat dari mimpi tentang nabi Muhammad ini, bisa digolongkan mimpi yang datang dari Allah SWT, yang maksudnya adalah kebaikan.  Itu saja.  Dan saya percaya bahwa mimpi itu terkadang adalah sebuah petunjuk atas jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan nurani kita tentang sebuah hal atau masalah.  Dan terima kasih atas pencerahan dari Bapak Quraish Shihab tadi pagi yang menjabarkan tentang mimpi ini dari sudut pandang Al Qur'an.  Bahwa mimpi itu bukan semata-mata bunga tidur belaka, tapi ada sebuah informasi-informasi penting yang mungkin datang dari Allah SWT.  

Makanya sebelum tidur biasakan membaca doa, supaya mimpinya bagus dan tidak bermimpi buruk.

2 comments:

  1. kyk.a w pernah jg mimpi rasul gt, udah lama bgt 3-4 thn lalu....tp gw nya yg berpikir itu rasul..dia tinggi, ganteng, kulit.a putih, alis.a tebel, jenggotan, idung.a mancung, muka.a macho2 gitu dh (semacem omar borkan al gala) pke baju pnjng wrn kuning2 kecoklatan, pke jubah, pke sorban2 arab gt, kyk sdng ngomong dpn org2, kyk.a seorang pemimpin

    ReplyDelete
  2. berarti sama spt yg dilihat meskipun berbeda-beda warna pakaiannya..tapi intinya satu kebenarannya..Rasulullah itu Tampan..benarkan? Bersyukur aja sis diberi keistimewaan melihat Rasulullah SAW. berarti itu benar-benar beliau.

    ReplyDelete