Monday, July 23, 2012

Apa Beda Cinta Dan Sayang?

Ada sebuah kalimat yang saya baca di twitter bunyinya seperti ini, "Saya sayang sama Allah, tapi saya cinta sama kamu."  Kalimat ini sudah benar belum ya? Bukankah kita harus mencintai Allah dulu baru menyayangi seseorang? Apa ya bedanya cinta dan sayang itu? saya masih bodoh soalnya soal cinta dan sayang:p 

Kalau sayang itu bersifat forever artinya kalimat itu benar.  Dan jika cinta itu semata-mata adalah lust, artinya kalimat ini benar.  Tapi bagaimana jika cinta itu sesuatu yang kuat? dan rasa sayang itu sifatnya universal? Bukankah seharusnya justru "Saya cinta sama Allah, tapi saya sayang sama kamu?

Menurut saya, kalimat pertama yang "Saya sayang Allah, tapi Saya cinta sama kamu" itu berarti si dia-nya wanita ini lebih berarti dibandingkan Allah? Salah atau benar ya? Pusing ya..lieur..Tapi, kalimat ini bikin aku bertanya-tanya saja.  Yang seharusnya itukan, Allah yang dicintai nomor satu, dan rasa kasih kita kepada kekasih ada seiring bila kita sudah mencintai-Nya.  Kalau mencintai kekasih, dan sayang pada Allah menurut saya itu seperti menomor duakan Tuhan.  Bukan begitu?

Jika menurut si penulis kalimat pertama yang mengatakan bahwa sayang itu bersifat forever, dan cinta adalah lust yaa benar juga sih.  Karena biar bagaimanapun manusia itu membutuhkan sentuhan fisik.  Dan kasih sayang Allah tidak bisa menyentuh secara fisik tapi pada jiwa.  Sementara kekasih, kasihnya disertai dengan sentuhan fisik.  Jadi ya sudah artinya kalimat pertama ada benarnya juga sih..hehehe..

So kesimpulannya, Cinta dan sayang itu ya sama saja ya cuma bedanya, adalah ini antara Allah dan manusia.  Yang jelas cinta dan sayang manusia ke Allah itu harus yang nomor satu, karena dengan mencintai Allah, kita juga mencintai kekasih kita.  Jika cinta karena Allah, cinta kita pada kekasih tidak akan pernah salah, karena Allah juga membimbing hati kita untuk mengasihi seseorang yang menurut-Nya layak dicintai oleh kita.

Bingung ya? hahaha..sama..Selamat beristirahat teman.  Besok kita sahur lagi..:) Jangan lupa baca doa sebelum tidur ya..

No comments:

Post a Comment