Saturday, October 22, 2011

Belajar Untuk Easy Going..

Masih banyak manusia yang senang memuaskan pikiran negatifnya daripada mencari jalan keluar yang terbaik.  Ini adalah pengalamanku dalam memperhatikan tingkah dan karakter manusia lain disekitarku.  

Usiaku saat ini adalah 35 tahun bulan Juni kemarin.  Selama aku hidup dan aku yakin semua orang dimuka bumi ini terus belajar mengenai kehidupan selama mereka masih bernafas bukan hanya aku.  Diusiaku ini, aku telah mengalami banyak goncangan kehidupan yang membuatku semakin kuat secara mental dan emosional.  Belakangan ini aku mendapatkan pencerahan, englighment atau bahasa spiritualnya mungkin "hikmah" dari setiap kejadian-kejadian hidup, baik dari hal relationship, friendships, family, economy en so on you mention it. 

Beberapa hal yang kupelajari adalah mengenai kesabaran, dan juga yang menjadi salah satu concern ku adalah sikap kita dalam mengatasi cobaan.  Sekarang aku sedang belajar bagaimana caranya untuk bisa ikhlas, atau berusaha untuk menerima keadaanku seperti ini.  I learn to let go off the past and to keep my track on the right path.  Aku sekarang bisa menjadi lebih santai dan relaks dengan kehidupan yang aku tahu seperti sebuah roller coaster.  Aku menyikapi semuanya dengan ringan, dan lapang dada.  Itulah pelajarannya.

Tapi kemudian aku dihadapkan pada kehidupan nyata ketika aku bertemu dengan orang-orang dengan berbagai macam karakter mereka.  Ada yang sudah banyak makan asam dan garamnya kehidupan sehingga tumbuh menjadi seorang yang lebih bijaksana dan enjoy with their lifes, ada juga yang masih dalam masa krisis pencarian identitas atau istilah inggrisnya "growing".  Ada yang masih suka melihat masalah terlalu deep atau serius sehingga hal-hal kecil dalam kehidupan mereka menjadi dibesar-besarkan.  Ada juga orang yang dalam hal menyelesaikan masalah yang dilihat hanya mencari atau mengungkit kesalahan orang lain bukannya menggali dan mencari jalan keluar dalam mengatasi masalahnya. 

Itu hanya sebagian contoh kecil saja yang aku sebutkan, masih banyak diluar sana kasus yang lainnya.  Terkadang aku suka gemas dengan orang-orang yang suka berpikir negatif dalam tindak tanduknya.  Padahal jika dia tahu dan sadar bahwa negatifitas itu tidak akan membuat dia menjadi individu yang lebih baik, melainkan hanya akan membuat dirinya menjadi pribadi yang sulit.  Umumnya pribadi yang sulit itu bisa dilihat dari bentuk fisiknya kurus kering, mengapa? karena mereka tidak bisa menikmati hidup mereka.  They cannot enjoy their life!   Mereka disibukkan dengan sakit hati pada sesuatu hal, stress karena sebuah masalah..yah jika mereka terus fokus pada kesulitan-kesulitan mereka, mereka sendiri kan yang susah? mereka jadi stress, unhappy, gampang mengeluh dan sebagainya. 

Aku menulis ini bukan untuk menilai orang lain, tapi ini adalah fakta yang terjadi disekitar kita.  Aku hanya ingin berbagi saja kepada teman-teman bloggers yang lain khususnya yang masih jauh lebih muda dariku, ini aku sebagai seorang kakak ingin membagi pengalaman hidupku, bahwa jangan terlalu fokus pada masalahmu.  Belajarlah untuk relaks, santai dan membiarkan masalahmu berlalu dengan sendirinya.  Coba belajar untuk berpikir dan mengambil tindakan positif each day! because you live only day by day, so start your day with a positife thinking, and do it in positif way too.  

Lakukan saja apa yang ingin kita lakukan, dan apa yang akan membuat dirimu sendiri bahagia.  Tentunya dengan melakukan aktifitas-aktifitas yang positif juga.  Punyai rasa cinta kasih di dalam jiwa sehingga kamu bisa berbagi cinta itu dengan orang-orang disekitarmu.  Nikmati hidup kita hanya untuk hari ini saja!  Hiduplah seperti air mengalir, kemana pun hidup membawamu ikuti saja, pasrah apapun yang kan terjadi.  Bergaulah dengan orang-orang yang positif, orang-orang yang punya tujuan dan cita-cita yang mulia, orang-orang yang bahagia, dan orang-orang yang penuh cinta dan kasih sayang.

Jauhkan dirimu dari pengaruh buruk orang lain, yang bertujuan tidak baik dan menyimpang dari prinsip yang kau punya.  Jangan pedulikan omongan orang lain tentang dirimu, bisa jadi mereka iri dan dengki denganmu, atau bisa jadi mereka tidak punya pekerjaan lain selain menilai orang lain.  Jadilah manusia yang jauh lebih baik yang kamu bisa.  Selalu ingat bahwa harta benda bukanlah segalanya karena itu hanyalah titipan Tuhan semata.  Bisa saja suatu ketika kamu akan kehilangan semuanya dan kamu tidak punya apa-apa selain iman.  

Hidup itu selalu ada resikonya, tapi tidak boleh menjadikan kamu sebagai seorang pengecut.  Berani mengambil sebuah keputusan meskipun pada akhirnya itu salah, tidak apa.  Jangan pernah takut berbuat salah karena justru kesalahan tersebut menjadi sebuah pelajaran berharga sebagai langkah pengambilan keputusanmu dikemudian hari.  Tuhan itu maha pengampun selama kita memperbaiki diri kita dan mengambil hikmah dari kesalahan yang kita perbuat, insyaAllah dia akan menerima taubat kita. Jika kamu pernah berbuat salah, yang terpenting adalah bagaimana caranya kamu memaafkan dirimu sendiri bukan dengan menyesali dan juga bukan menghukum diri sendiri.  

Jangan lupa untuk belajar memaafkan orang lain juga.  Jika seseorang telah meminta maaf, atau mungkin juga tidak pernah meminta maaf padamu, maafkan dia.  Ini juga sebenarnya adalah sesuatu hal yang terkadang sulit untuk dilakukan, tapi dengan belajar memaafkan kita sudah maju selangkah lebih baik. 

Jauhkan rasa iri dan dengki, ini juga adalah perang kita.  Sangat-sangat manusiawi jika terkadang kita masih membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain.  Tak selamanya rumput tetangga lebih hijau, siapa tahu disana ada pupnya anjing hiiiy..kita nggak tahukan? hehehe..Syukuri saja apa yang kita miliki saat ini.  Selalu lihat apa yang orang lain tidak miliki dari kita.  Apa yang menjadi kebanggaan kita itu saja yang kita syukuri.

Yang terakhir dan yang sebenarnya terpenting adalah Ikhlas pada semua kehendakNya.  IMAN kita pada Allah itu setiap hari harus terus diasah.  Caranya ya dengan beribadah.  Terus mengingat Allah, takut padaNya, dan khusyuk menjalani semua perintah serta laranganNya.  Aku yakin jika kita kembali ke jalanNya, hidup kita pasti akan jauh lebih tenang karena kita percaya padaNya.  Learn to let go..

Semoga tulisanku ini bermanfaat bagi yang sudah membacanya.  Jadikan dirimu sendiri sebagi sebuah contoh, atau sumber inspirasi bagi orang lain karena setiap kebaikan yang kita beri, adalah amalanmu dimata Tuhan.  Amiin Ya Robbal Alamin..

1 comment: