Tuesday, September 18, 2012

We Are Human, Not God..

Tuhan itu ADA disetiap ciptaan-Nya termasuk manusia. Tapi manusia sudah jelas BUKAN Tuhan. Jadi jangan mengira kebebasan yang diberikan Tuhan adalah tanpa batas, karena kebebasan kita HARUS TERBATAS.

Itulah sebabnya ada agama.  Agama bukan untuk mengkotak-kotak manusia, melainkan sebuah kepercayaan kepada keTuhanan yg Maha Esa.  Fungsinya adalah sebagai sarana manusia beribadah kepada Tuhannya melalui kitab-kitab yang dibawa masing-masing rasul-Nya.  Tanpa agama, manusia akan bertindak beringas, melakukan apapun yang mereka suka, mengejar apa yang mereka mau.  Agama adalah pagar supaya manusia tahu batas. 

Jadi sebagai seorang manusia, sebaiknya kita kembali melihat kedalam diri sendiri sejauh mana kita bisa mengambil apa yang tersedia dibumi.  Seberapa banyak yang semestinya cukup untuk kita miliki.  Meski diberi kemampuan dan kehebatan lebih dibanding mahluk lain manapun, manusia harus tahu diri, harus eling dan sharing dengan mahluk lain.  Bukan menjadi superior diatas sesamanya maupun hewan ataupun tumbuh-tumbuhan.  

Mari kita hargai sesama, mari kita hargai hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar kita.  Karena walau bagaimanapun mereka juga mahluk hidup yang memiliki rasa dan juga memiliki kelebihan-kelebihan yang mereka beri bagi kepentingan umat manusia juga.  So human, let us save this earth from the damage.  Let us protect those animals and the forests around us.  Start thinking and using our heart and brain to free some space for them.  If you destroy them, you destroy us and your children as well. 

No comments:

Post a Comment