Saturday, April 27, 2013

Mendidik Anak, Versi Orangtua Dan Nenek/Kakek

Setiap orang tua punya cara masing-masing dalam mendidik putra putrinya.  Dan sering kita dengar konflik yang terjadi antara orangtua dengan nenek/kakek mereka dalam hal mendidik anak/cucu mereka. Dalam hal mendidik seorang anak/cucu, dibutuhkan kesadaran peran antara orang tua sebagai ayah/ibu dan peran sebagai nenek/kakek.  Karena rasa sayang seorang nenek/kakek terhadap cucu yang berlebihan membuat sang cucu merasa mendapat perlindungan dimana peran ayah/ibu menjadi lemah dimata anak.  

Contoh dalam hal mendisiplinkan misalnya, anak makan disuap oleh neneknya, padahal sang ibu menginginkan anaknya untuk lebih mandiri dengan mengajarkan sang anak untuk makan sendiri di meja makan bersama-sama.  Tapi kemudian sang anak/cucu meminta disuapi oleh sang nenek, dan akhirnya nenek mau menyuapi dengan alasan 'kan dia masih kecil'.  Disinilah timbul konflik mengenai masalah otoritas.  Karena sang nenek dengan caranya yang memanjakan, akhirnya si cucu/anak ini kurang menghargai otoritas ayah/ibunya sendiri.

Ketika ayah/ibunya memberi nasihat atau memarahi perbuatan anak yang tidak baik, maka larilah si anak kebelakang nenek/kakek mereka untuk mencari perlindungan, karena mereka tahu neneklah yang akan membelanya. Inilah sekelumit permasalahan dalam hal disiplin dan mendidik anak. 

Bila peran kita sebagai seorang nenek/kakek ada baiknya bila kita menghormati dan menghargai cara anak kita dalam mendidik putra-putri mereka. Hindari mengkritik anak dalam usahanya mendidik anak-anak mereka. Dan jangan pula kita mencampuri urusan mereka dalam hal kedisiplinan. Karena walau bagaimana pun kita harus memiliki kesadaran bahwa pengalaman kita dahulu sangat berbeda dengan pengalaman dan pemahaman anak kita dalam mendidik dan mendisiplinkan anak-anak mereka. 

Terkadang anak kita belajar dari cara kita memperlakukan mereka ketika mereka masih kanak-kanak, sehingga mereka memperlakukan anak-anak mereka lebih baik daripada kita.  Kita juga tak selayaknya menganggap bahwa sebagai orang tua, kita selalu benar.  Kadang justru anak-anak lebih dewasa daripada yang kita sangka.  Meski masih kecil, ingatan seorang anak sangat kuat, bahkan memori tersebut mereka bawa hingga mereka dewasa. Memori tersebut menjadikan seorang ayah/ibu menggunakan pengalamannya dalam hal peranannya sebagai orang tua dikemudian hari.

Jadi, alangkah baiknya bila di dalam sebuah rumah, anak dan orang tua saling menghargai perannya masing-masing serta saling memberi inspirasi atau contoh yang baik kepada anak/cucu mereka.

No comments:

Post a Comment