Wednesday, January 23, 2013

Be A Human Angel

Orang kebanyakan harus belajar untuk lebih peduli, belajar berempati, belajar menggunakan hati.  Jika kita melihat seseorang sedang galau, gundah gulana, bisakah kita bertanya padanya.."Apakah Anda baik-baik saja?", atau bisakah Anda bertanya, "Apa ada yang bisa aku bantu?"  

Bisakah kita mendengarkan, merasakan apa yang dia rasakan? Hal yang mulia yang bisa kita lakukan untuk orang lain adalah memberi dukungan kita pada orang-orang yang sakit, orang-orang yang berduka, orang-orang yang lemah.  Mari kita jadikan diri kita pegangan bagi mereka yang membutuhkan.  Tak perlu memiliki harta yang berlimpah, untuk membantu sesama.  Manusia-manusia yang kaya adalah mereka yang memiliki kaya hati, jiwa yang besar untuk memberi doa bagi sesamanya yang sedang dirundung duka.

Sebuah pelukan, dan genggaman tangan mampu menyembuhkan hati yang terluka dan mengangkat semangat hidup orang lain.  Adakah rasa itu dihatimu? Mungkin kamu harus merasa menjadi seseorang yang pernah berada di posisi itu, untuk menjadi seorang angel bagi yang lain.  Mungkin kamu harus menjadi seseorang yang diabaikan, seseorang yang tak memiliki apapun, seseorang yang terzalimi dan sebagainya.  Ketika kamu telah berada di tempat itu, kamu akan paham apa yang dirasakan orang lain yang sama seperti dirimu dulu, dan kau ada disana untuk membantunya.

Jangan..tidak perlu sampai seperti itu untuk menjadi manusia yang berhati nurani.  Cukup posisikan dirimu dan lihat dari kaca mata mereka.  Jika kita menjadi dia, apa yang saya rasakan..?  Banyak orang yang tak sanggup meminta tolong.  Karena apa? karena rasa malu..padahal sesungguhnya mereka butuh bantuan.  Jadi mengapa tak bisa lebih sensitif terhadap perasaan orang lain? Tanyakan dia, apa dia baik-baik saja?  Daripada berkata kata kasar yang tak pada tempatnya.

No comments:

Post a Comment